Mempercayai Janji Tuhan menjalani 2015

By Pdt Aristarkus Joel Tarigan SH, M.Th, M.Mis *

Tuhan setia bagi umatNya

Ada banyak hal yang Tuhan sudah tunjukkan kepada kita apa yang Dia sudah kerjakan kepada kita sepanjang tahun 2014 baik dalam kehidupan secara pribadi, keluarga, pelayanan atau pekerjaan. Mari kita renungkan dan lihat sebentar kebelakang adakah Dia meninggalkan kita? Jawabannya saya percaya semua kita menjawab bawa Dia sangat setiap memelihara dan menolong kita disepanjang 2014. Bagaimana dengan memasuki tahun 2015? Hal yang sama apa yang Dia sudah tunjukkan sepanjang tahun yang lalu maka Dia akan mengerjakan bahkan mengerjakannya lebih besar lagi disepanjang tahun ini.

Janji Tuhan bagi umatNya Israel

Mari kita perhatikan apa yang Tuhan janjikan bagi umatnya Israel lewat perantaraan Nabi Yesaya yang terambil dari kitab Yesaya 41:18-20.

Aku akan membuat sungai-sungai memancar di atas bukit-bukit yang gundul, dan membuat mata-mata air membual di tengah dataran; Aku akan membuat padang gurun menjadi telaga dan memancarkan air dari tanah kering. (Yes 41:18)

Aku akan menanam pohon aras di padang gurun, pohon penaga, pohon murad dan pohon minyak; Aku akan menumbuhkan pohon sanobar di padang belantara dan pohon berangan serta pohon cemara di sampingnya, (Yes 41:19)

supaya semua orang melihat dan mengetahui, memperhatikan dan memahami, bahwa tangan TUHAN yang membuat semuanya ini dan Yang Mahakudus, Allah Israel, yang menciptakannya. (Yes 41:20)

 

Dalam bacaan diatas, diayat 18-19 kalau kita perhatikan dengan sungguh-sungguh semuanya berbicara mengenaikemustahilan, sebab bagaimana mungkin sungai-sungai memancar diatas bukit-bukit yang gundul karena biasanya sungai itu ada ditempat yang rendah, tidak mungkin ada di bukit-bukit. Bagaimana mungkin ada mata-mata air yang membual ditengan dataran.  Saudara-saudara yang sudah pernah melaukan perjalanan rohani ke Timur Tengah ke Mesir atau Israel jarang sekali ada mata air didataran padang gurun, tapi janjiNya bukan hanya satu mata air tapi dikatakan mata-mata air , artinya Tuhan bisa mengerjakan yang banyak bukan hanya satu. Juga bagaimana mungkin padang gurung menjadi telaga  dan ada air yang memanacar dari tanah yang kering, tidak mungkin padang gurun berubah menjadi telaga. Juga Tuhan berjanji Tuhan akan menumbuhkan jenis-jenis pepohonan di padang belantara. Sekali lagi semua hal diatas berbicara kemustahilan.

Beda ramalan dan nubuatan

Firman Tuhan bukan ramalan, tapi nubutan dimana Tuhan sendiri yang berbicara, sebab kalau ramalan hasilnya bisa jadi bisa tidak, bisa tepat bisa meleset, tapi kalau nubuatan Tuhan cepat atau lambat maka itu akan digenapi, karena Tuhan yang berjanji maka Dia akan melakukan semua yang dijanjikanNya sekalipun kelihatannya mustahil. Lalu apa yang Tuhan inginkan dari kita? Yang Tuhan inginkan dari hanya satu hal yakni kita “percaya” bahwa Dia bisa melakukan dari yang mustahil menjadi nyata bagian kita hanya percaya akan kedahsyatanNya. Sebab semua yang dijanjikanNya Dia akan tepati bagi umatnya, karena Dia sanggup menggenapi apa yang Dia janjikan, sama seperti Dia menepati janjiNya bagi umatNya bangsa Israel yang membawa keluar dari Mesir dan membawa mereka ke Tanah Kanan tanah perjanjian.

Pemulihan Indonesia bangsa yang di cintai Tuhan

Sepanjang tahun lalu tepatnya mulai bulan Februari-November kita secara bersama-sama JDN-Full Gospel (anak-anak Tuhan di Market Place) sudah masuk dalam momentum doa 14-14-14, tidak hanya berdoa setiap tanggal 14 tapi juga melakukan Doa Puasa Ester sepanjang Februari-November bahkan melakukan Doa Pujian Penyembahan selama 24 jam apa yang menjadi hasilnya? Saya percaya dengan dimunculkannya pemerintah di tingkat nasional mulai dari President sampai para menterinya itu artinya Tuhan sedang mengerjakan sesuatu dalam kemustahilan, dan juga kita bersykur untuk gubernur dan wakil gubernur sekarang, sekali lagi kalau dalam hitung-hitungan manusia baik di tingkat nasional dan tingkat lokal di DKI itu semua karena Tuhan yang mengerjakannya. Saya percaya satu hal Tuhan terus rindukan dari kita orang percaya di bangsa ini, tetap berdoa menjadi pensyafaat bagi negeri ini dan masuk dalam tingkat keintiman yang lebih lebih dalam lagi. Mari kita jalani dan akan melihat tahun 2015 tahun-tahun dimana Tuhan akan bekerja lebih besar lagi untuk pribadi, keluarga, pelayanan terkhusu untuk negeri yang kita cintai Indonesia, percayai dan pegang janji Tuhan di sepanjang tahun ini.

Tuhan Yesus memberkati.

*Pdt Aristarkus Joel Tarigan SH, M.Th, M.Mis

Gembala GKKI Shalom Jakarta

Ketua Harian Sinode Gereja Kristen Kudus Indonesia (GKKI)

Fasilitator JDS Jakarta Utara

Terlibat di Jaringan Doa Regional DKI-Kalbar

Terlibat di Jaringan Doa Nasional

©2018 Jaringan Doa Nasional

or

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

or

Create Account